Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the 3d-flip-book domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/u1478108/public_html/perpustakaan.sman7bpp.sch.id/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the loginizer domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/u1478108/public_html/perpustakaan.sman7bpp.sch.id/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the responsive-lightbox domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/u1478108/public_html/perpustakaan.sman7bpp.sch.id/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the wordpress-seo domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/u1478108/public_html/perpustakaan.sman7bpp.sch.id/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Fungsi _load_textdomain_just_in_time ditulis secara tidak benar. Pemuatan terjemahan untuk domain edubin-core dipicu terlalu dini. Ini biasanya merupakan indikator bahwa ada beberapa kode di plugin atau tema yang dieksekusi terlalu dini. Terjemahan harus dimuat pada tindakan init atau setelahnya. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 6.7.0.) in /home/u1478108/public_html/perpustakaan.sman7bpp.sch.id/wp-includes/functions.php on line 6114
Program Kerja - Perpus Smanju

1.    Mengimplementasikan tata kelola sesuai dengan standar nasional perpustakaan Sekolah Menengah Atas agar perpustakaan dapat diselenggarakan secara efisien dan efektif untuk menunjang visi dan misi sekolah.

NoKegiatanPelaksana Bukti Dukung
 1Membuat papan nama perpustakaan dan backdrop meja  sirkulasi / layanan dengan mencantumkan NPP.PerpustakaanFoto dan video 
 2Membuat perencanaan jangka pendek dan jangka panjang yang mengacu kepada perencanaan sekolah dan disahkan oleh Kepala sekolah serta diperbarui secara periodik.Kepala PerpustakaanNaskah program kerja
 3Menyusun anggaran penyelenggaraan dan pengadaan koleksi serta sarana dan prasarana perpustakaan.Kepala Perpustakaan Naskah perencanaan anggaran
 4Melakukan kerjasama dengan perpustakaan atau instansi lain.Kepala PerpustakaanMOU
 5Menyusun Laporan bulanan, laporan triwulan, dan laporan tahunanKepala Perpustakaan Naskah laporan yang ditandatangani Kepala Sekolah
 6Melakukan supervisi dan evaluasi pelaksanaan kegiatan dan memastikan kegiatan sesuai programKepala Perpustakaan Naskah supervisi dan evaluasi pelaksanaan kegiatan

2.     Menyediakan gedung, ruang, sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan pemustaka dengan fasilitas yang lengkap, edukatif, rekreatif, ramah anak, dan ramah difabel.

NoKegiatanBukti Dukung
1Menyediakan luas gedung yang memadai untuk kebutuhan pengguna perpustakaanFoto dan video
2Menyediakan gedung khusus perpustakaan (tidak menjadi satu dengan unit lain)Foto dan video
 3Mendesain perpustakaan dengan dengan konsep rekreatif, imajinatif, inspiratir, menarik untuk dikunjungi, dan suasana kondusif bagi semua pengunjung.Foto dan video
4Membuat papan nama ruangFoto dan video
 5Membuat petunjuk arahFoto dan video
 6Membuat denah ruang perpustakaanDenah ruang tercetak dan elektronik
 7Membuat direktori ruangan perpustakaan tercetak / elektronikDirektori perpustakaan tercetak dan elektronik
8Membuat rambu mitigasi bencanaRambu mitigasi tercetak dan elektronik
9Papan pengumuman (konvensional dan elektronik /digital)Mading papan pengumuman dan pengumuman pada web perpustakaan
 10Membuat tata tertib penggunaan perpustakaanBanner dan infografis
11Menyediakan ruang staf dan ruang pengolahanFoto dan video
12Mendesain area literasi Foto, video, daftar pengguna ruangan, daftar produk
13Menyediakan ruang bacaFoto, video, daftar pengguna ruangan, daftar produk
14Menyediakan ruang koleksi referensiFoto, video, daftar pengguna ruangan, daftar produk
15Menyediakan ruang koleksi lokalFoto, video, daftar pengguna ruangan, daftar produk
16Menyediakan ruang multimediaFoto, video, daftar pengguna ruangan, daftar produk
17Menyediakan ruang kerja kelompok (coworking space)Foto, video, daftar pengguna ruangan, daftar produk
18Menyediakan ruang belajar mandiri Foto, video, daftar pengguna ruangan, daftar produk
19Menyediakan ruang studio miniFoto, video, daftar pengguna ruangan, daftar produk
20Menyediakan ruang podcastFoto dan video
21Menyediakan troli bukuFoto dan video
 22Menyediakan rak buku tercetak (14 unit)Daftar aset fasilitas perpustakaan
23Menyediakan rak koleksi referensi (2 unit)Daftar aset fasilitas perpustakaan
24Menyediakan terbitan berkala (rak surat kabar, rak majalah dll) (5 unit)Daftar aset fasilitas perpustakaan
25Menyediakan rak display koleksi buku baru (2 unit)Daftar aset fasilitas perpustakaan
26Menyediakan rak display koleksi lokal (4 unit)Daftar aset fasilitas perpustakaan
27Menyediakan Meia dan kursi baca (standar 1 meia memuat 4 kursi)  (14 set)Daftar aset fasilitas perpustakaan
28Menyediakan meja belajar mandiri (14 set)Daftar aset fasilitas perpustakaan
29Menambah komputer untuk layanan multimediaDaftar aset fasilitas perpustakaan
30Menambah printer Daftar aset fasilitas perpustakaan
31Menambah kapasitas kecepatan akses internet (bandwidth) di perpustakaan lebih dari 89 MBpsDokumen resmi keterangan kapasitas bandwith dari otoritas
32Melengkapi sarana keamanan gedung fasilitas perpustakaan yaitu CCTV, pintu detektor, pintu darurat, alarm tanda bahaya dan alat pemadam api.Daftar aset fasilitas perpustakaan

3.    Meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga demi terwujudnya pelayanan prima di perpustakaan.

NoKegiatanPelaksana Bukti Dukung
 1Menambah tenaga pustakawan fungsional/profesional (2 orang)Kepala Sekolah dan Kepala PerpustakaanStruktur organisasi
 2Menambah tenaga teknis  (4 orang)Kepala Sekolah dan Kepala PerpustakaanStruktur organisasi
 3Menambah tenaga teknis bidang TIK minimal D2 1 orang tenaga tetap di perpustakaan.Kepala Sekolah dan Kepala PerpustakaanStruktur organisasi
 4Mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di bidang perpustakaan dalam bidang perpustakaan (seminar, bimtek, workshop, konferensi, magang)Kepala Perpustakaan dan seluruh stafLaporan kegiatan
 5Mengikuti forum komunikasi perpustakaan di platform digital (wa, telegram, line, dll) Kepala Perpustakaan dan seluruh stafID card atau sertifikat

4.    Menyediakan koleksi tercetak dan elektronik yang lengkap, beragam, dan up-to date sesuai dengan kebutuhan ilmu pengetahuan semua warga sekolah.

NoKegiatanPelaksana Bukti Dukung
 1Membuat kebijakan pengembangan koleksi.Kepala perpustakaanNaskah kebijakan pengembangan koleksi
 2Melakukan survei kebutuhan pemustaka untuk seleksi bahan perpustakaanStaf layanan teknisLaporan hasil survei
 3Membuat Peta Segmentasi Kebutuhan PemustakaStaf layanan teknisAlat instrumen survei, laporan hasil survei analisis kebutuhan informasi, Peta segmentasi daftar bidang studi yang diajarkan, daftar rujukan/referensi untuk masing-masing bidang studi. daftar rujukan/referensi sesuai dengan visi dan misi sekolah, daftar rujukan/referensi sesuai dengan program pengembangan minat bakat, Display koleksi tematik disertai foto dan video bukti dukung Tangkap layar judul  koleksi yang disampaikan/diberikan kepada warga sekolah sesuai kebutuhan
 4Membuat SOP Pengadaan KoleksiKepala perpustakaanNaskah SOP pengadaan koleksi
 5Menambah koleksi buku tercetak dengan target 4000 judulDaftar inventarisTangkap layar koleksi pada SLIMSStatistik koleksi
6Menambah koleksi elektronik dengan target 400 judulStaf layanan teknis dan Staf Layanan TIDaftar inventarisTangkap layar koleksi pada SLIMSStatistik koleksi
7Menambah koleksi referensi dengan targetStaf layanan teknisDaftar inventarisTangkap layar koleksi pada SLIMSStatistik koleksi
8Menambah terbitan berkalaStaf layanan teknisDaftar inventarisTangkap layar koleksi pada SLIMSStatistik koleksi
9Mengumpulkan koleksi khusus karya pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik Staf layanan teknisDaftar koleksi disertai foto dengan pengesahan dari kepala sekolah
10Membuat kebijakan pengorganisasian koleksiKepala perpustakaanNaskah kebijakan pengorganisasian koleksi
11Membuat SOP kebijakan pengorganisasian koleksiKepala perpustakaanSOP kebijakan pengorganisasian koleksi
12Mengolah koleksi dengan menerapkan standar pengorganisasian koleksi yaitu deskripsi bibliografi, klasifikasi, dan tajuk subyekStaf layanan teknisLaporan pelaksanaan kegiatanprintscreenvideo tutorial
13Melakukan cacah ulang (stock opname) 1 tahun 1 kaliSemua stafBerita acara cacah ulang
14Melakukan penyiangan (weedinng) 1 tahun 1 kaliSemua stafBerita acara penyiangan
15Melakukan pelestarian bahan pustaka, yaitu : Pengaturan lingkungan meliputi: pencahayaan, kebersihan, kelembaban, Perbaikan koleksi rusak (perbaikan menambal, menjilid kembali), Pelestarian koleksi dan isi antara lain: meletakkan kapur barus, silica gel, dan alih media, PenyampulanStaf layanan teknis dibantu semua stafBerita acara disertai foto kegiatan

5.    Menyediakan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan berbagai program yang selalu diperbaharui untuk mendukung program intrakulikuler, pembelajaran penguatan karakter, dan program ekstrakulikuler di sekolah.

NoKegiatanPelaksana Bukti Dukung
 1Menyusun SOP pada setiap layanan yang disediakanKepala PerpustakaanSOP Layanan Perpustakaan
2Menetapkan jam buka dan jam istirahat perpustakaanKepala Sekolah dan Kepala PerpustakaanPoster di papan pengumuman dan pengumuman pada website
3Membuat kartu anggota yang terintegrasi online dengan kartu identitas instansi.Staf Layanan TI dan Staf Layanan Pemustaka  2Kartu anggota, Daftar anggota, Scan pada sistem keanggotaan terotomasi
4Menyediakan layanan penelusuran katalog online (OPAC) perpustakaanStaf Layanan TINaskah program kerjalaporan hasil pelaksanaan program
5Membuat petunjuk penggunaan koleksi dan layanan perpustakaan, yaitu petunjuk penggunaaan katalog, Petunjuk tata kelas koleksi sesuai nomor dan jenisnya, petunjuk penggunaan fasilitas layanan lain di perpustakaanStaf Layanan Pemustaka 1 dan Staf Layanan TIinfografis tercetak dan elektronik 
6Membuat, melaksanakan, dan mengawasi tata tertib penggunaan layanan perpustakaanKepala perpustakaan dan Semua staf layanan, Staf Layanan TI dan pemustakaNaskah Buku tata tertib siswa Dokumentasi (infografis, baner, flyer, dll di perpustakaan), Sertifikat penghargaan beserta dokumentasi pemberian sertifikat, Surat teguran beserta dokumentasi pemberian teguran Laporan
7Mengadakan layanan bimbingan pemustaka dalam menggunakan perpustakaan setiap awal tahun pelajaran untuk kelas XKepala perpustakaan dan semua stafFoto, Video, Laporan kegiatan
 8Mengadakan layanan baca di tempatStaf Layanan Pemustaka  1Foto, Video, Laporan kegiatan
9Mengarahkan pemustaka untuk merapikan koleksi dan fasilitas setelah selesai digunakan dan memastikan kondisi ruangan tetap bersih dan rapiStaf Layanan Pemustaka  1Foto, Video, Laporan kegiatan
10 Mengadakan layanan sirkulasi (peminjaman dan pengembalian)Staf Layanan Pemustaka  2Statistik peminjaman buku
 11Mengadakan layanan referensi, yaitu : Layanan meja informasi (reference desk), Layanan bimbingan penggunaan koleksi referensi, Layanan penelusuran, Layanan konsultasi, Layanan kesiagaan informasi (current information services), Layanan umum terkait perpustakaan dan sumber informasi (dan lainnya)Staf Layanan Pemustaka  3Foto, Video, Laporan kegiatan
12Mengadakan layanan belajar di ruang smart class perpustakaan yang memungkinkan untuk kerja kelompok, pembelajaran berbasis projekStaf Layanan Pemustaka  1Foto dan video kegiatan, Daftar pengguna, Produk hasil pembelajaran
13Mengadakan layanan area literasiStaf Layanan Pemustaka  1Foto, Video, Daftar pengguna, Produk hasil kegiatan
14 Mengadakan layanan penelusuran informasi digital dengan akses ke E-resource : ipusnas, bintangpusnas, kastara, digilib perpustakaan daerah provinsi, digilib perpustakaan kabupaten/kota terdekat, BSE, dllStaf layanan TIKomputer khusus untuk layanan penelusuran informasi digital, Daftar pengguna
15Mengadakan layanan multimedia Staf layanan TIKomputer untuk pembelajaran di ruang multimedia, Daftar pengguna
16Mengadakan layanan fotokopi mandiriStaf layanan TIMesin fotokopi, Daftar pengguna
17Mengadakan layanan untuk pemustaka berkebutuhan khususStaf Layanan Pemustaka  3Perabot dan Komputer khusus, Koleksi khusus, Daftar inventaris, Tangkap layar koleksi pada SLIMS
18Menyediakan layanan untuk pemustaka anakStaf Layanan Pemustaka  3Area khusus pemustaka anak, Koleksi bacaan anak, Daftar inventaris, Tangkap layar koleksi pada SLIMS
19Melibatkan siswa yang dengan suka rela menjadi Sahabat Perpustakaan dalam layanan perpustakaanStaf Layanan Pemustaka  2Absensi sahabat perpustakaan
20Menyediakan layanan informasi perpustakaan melalui website perpustakaan yang berisi : Profil perpustakaan, OPAC Informasi layanan perpustakaan, Kontak perpustakaan, FAQ (frequently asked question)Staf layanan TIInformasi terbaru tentang pelayanan perpustakaan
21Menyediakan layanan pengetahuan (knowledge) dengan konten digital berbasis ilmu pengetahuan yang selalu update pada website, youtube, dan Instagram.Staf layanan TIKonten ilmu pengetahuan
22Menyediakan layanan bimbingan penelusuran informasi digital, yaitu : Digital skill, Digital ethic, Digital culture, Digital safetyStaf layanan TIAbsensi pemustaka
23Menyediakan layanan bimbingan literasi informasi berkaitan dengan plagiarisme : menyediakan aplikasi pengontrol plagiarisme; memberi materi tentang pencegahan plagiarisme; melakukan bimbingan strategi penelusuran informasi melakukan bimbingan seleksi informasi terpercaya dan valid melakukan bimbingan penggunaan informasi dalam membuat karya (membuat kutipan dan daftar pustaka) bimbingan menulis artikel popularStaf layanan TIAplikasi pengontrol plagiarisme pada komputer multimedia, Konten di website dan media perpustakaan
24Melakukan survei kepuasan pemustaka secara berkalaStaf Layanan Pemustaka  1Laporan hasil survei
25Menyediakan layanan silang layan dengan perpustakaan lain apabila sistem perpustakaan sudah berjalan dengan baik.Staf Layanan Pemustaka  2Naskah laporan
26Menyediakan layanaan ekstensi dengan mengadakan mobil perpustakaan keliling (jika memungkinkan), dan layanan lain misalnya workshop atau seminar yang dapat diikuti oleh audiens selain anggota perpustakaan.Staf Layanan Pemustaka  2Foto, Video, Laporan kegiatan
27Melakukan promosi dengan : Papan pengumuman, Penyebaran daftar buku terbaru, Brosur, Banner, Poster Seminar/ workshop, Penyuluhan/orientasi, lomba, pameran, penyiaran, jumpa pengarang/penulis, dan Media SosialStaf Layanan Pemustaka  3Foto, Video, Laporan kegiatan

6.    Mengadakan program gemar membaca bersama dengan Tim Literasi Sekolah,  Duta Literasi Guru, Duta Literasi Tenaga Kependidikan, Duta Literasi Siswa, Pustakawan Siswa, dan Sahabat Perpustakaan.

NoKegiatanPelaksana Bukti Dukung
 1Mendukung program Literasi yang diselenggarakan oleh Tim Literasi Sekolah dengan :
1. Menyediakan tempat kegiatan di area literasi atau di dalam perpustakaan.
2. Membantu melakukan promosi literasi dengan memposting poster agenda
sebelum diadakan kegiatan literasi di instagram dan memposting hasil
kegiatan pada website dan youtube  perpustakaan.
3. Menerima dan memamerkan produk hasil kegiatan literasi pada ruang
koleksi lokal perpustakaan, website, dan media sosial perpustakaan.
4. Menyediakan koleksi atau akses pada sumber bacaan yang dibutuhkan
dalam melaksanakan kegiatan literasi.
Ketua Tim Literasi Sekolah dan anggotannya, Kepala Perpustakaan, dan staf perpustakaan1. Poster kegiatan literasi pada instagram
2. Posting berita terbaru kegiatan literasi pada website dan youtube
3. jurnal kegiatan literasi
4. produk hasil kegiatan literasi
4. Daftar bacaan terkait dengan literasi
4. Tangkap layar koleksi pada sistem otomasi.
 2Mendukung kegiatan Duta Literasi Guru dalam mengkampanyekan gemar membaca dan menulis dengan :
1. Menyediakan tempat promosi atau kegiatan di area literasi atau ruang perpustakaan.
2. Membantu memposting konten promosi literasi di web dan sosial media perpustakaan.
3. Menerima dan memamerkan produk hasil kegiatan literasi oleh Duta Literasi Guru pada ruang koleksi lokal perpustakaan, website, dan media sosial perpustakaan.
4. Mendukung penyelenggaraan pojok baca ruang guru yang dikoordinir oleh Duta Literasi Guru
Duta Literasi Guru dibantu Staf Perpustakaan1. Poster kegiatan Duta Literasi pada instagram
2. Posting berita terbaru kegiatan Duta Literasi pada website dan youtube
3. Produk hasil kegiatan literasi oleh Duta Literasi
4. Foto dan video pojok baca ruang guru.
5. Daftar judul buku dan absensi penggunaan/peminjaman buku.
 3Mendukung kegiatan Duta Literasi Tenaga Kependidikan dalam mengkampanyekan gemar membaca dan menulis dengan :
1. Menyediakan tempat promosi atau kegiatan di area literasi atau ruang perpustakaan.
2. Membantu memposting konten promosi literasi di web dan sosial media perpustakaan.
3. Menerima dan memamerkan produk hasil kegiatan literasi oleh Duta Literasi Tenaga Kependidikan pada ruang koleksi lokal perpustakaan, website, dan media sosial perpustakaan.
4. Mendukung penyelenggaraan pojok baca ruang TU yang dikoordinir oleh Duta Literasi Tenaga Kependidikan
Duta Literasi Guru dibantu Staf Perpustakaan1. Poster kegiatan Duta Literasi pada instagram
2. Posting berita terbaru kegiatan Duta Literasi pada website dan youtube
3. Produk hasil kegiatan literasi oleh Duta Literasi 
4. Foto dan video pojok baca ruang TU.
5. Daftar judul buku dan absensi penggunaan/peminjaman buku.
 4Mendukung kegiatan Duta Literasi Siswa dalam mengkampanyekan gemar membaca dan menulis dengan :
1. Menyediakan tempat promosi atau kegiatan di area literasi atau ruang perpustakaan.
2. Membantu memposting konten promosi literasi di web dan sosial media perpustakaan.
3. Menerima dan memamerkan produk hasil kegiatan literasi oleh Duta Literasi Siswa  pada ruang koleksi lokal perpustakaan, website, dan media sosial perpustakaan.
4. Mendukung penyelenggaraan pojok baca di area sekolah yang dikelola oleh Duta Literasi Siswa.
Duta Literasi Guru dibantu Staf Perpustakaan1. Poster kegiatan Duta Literasi pada instagram
2. Posting berita terbaru kegiatan Duta Literasi pada website dan youtube
3. Produk hasil kegiatan literasi oleh Duta Literasi
4. Foto dan video pojok baca area sekolah TU.
5. Daftar judul buku dan absensi penggunaan/peminjaman buku.
 5Mendukung pengelolaan pojok baca kelas, OSIS dan eskul yang dikoordinir oleh pustakawan siswa dan  OSIS, dan eskul dengan melakukan bimbingan pengelolaan pojok baca secara terjadwal atau jika diperlukan.Staf layanan Pemustaka 3Foto dan video pojok baca kelas, OSIS dan eskul.Daftar judul buku dan absensi penggunaan/peminjaman buku.
6Menerima Sahabat Perpustakaan yaitu anggota perpustakaan yang peduli dengan perpustakaan serta dengan suka rela tanpa mengharap imbalan untuk meningkatkan kinerja perpustakaan sekolah agar benar-benar menjalankan fungsinya sebagai pusat informasi, pembelajaran, penelitian dan rekreasi untuk membantu :
1. Layanan sirkulasi /peminjaman
2. Layanan teknis
3. Desain perpustakaan dan area literasi
4. Mengisi mading perpustakaan
5. Menyumbangkan ide-ide untuk pengembangan perpustakaan
6. Mengkampanyekan gemar membaca pada website dan sosial media perpustakaan.
7. Membuat konten ilmu pengetahuan yang akan diposting di website dan sosal media perpustakaan.
8. Mendonasikan karya tulis untuk koleksi perpustakaan.
9. Melakukan donasi bahan bacaan, dekorasi, atau perabot.
Dikoordinir Kepala Perpustakaan1. Daftar sahabat perpustakaan
2. ID Card Sertifikat 
3. Jurnal sahabat perpustakaan
4. Konten pada website dan media sosial
5. Produk 
7Mengedakan lomba sinopsis buku. Foto, Video, dan Laporan kegiatan lomba
8Mengadakan lomba penulisan reflektif.Foto, Video, dan Laporan kegiatan lomba
9Mengadakan bedah bukuFoto, Video, dan Laporan kegiatan
10Mengadakan workshop yang berkaitan dengan gemar membaca dan penulisanFoto, Video, dan Laporan kegiatan
11Mendukung pererbitan karya tulis warga sekolah1. Daftar koleksi
2. Cover koleksi terbitan
3. Tangkap layar daftar koleksi pada otomasi perpustakaan